Unknown MACAM-MACAM JENIS AC Kamis, 12 September 2013 Penyejuk udara atau atau pengkondisi udara atau penyaman udara atau erkon atau AC (dalam bahasa inggris biasa disebut dengan Air Conditioner... 5

MACAM-MACAM JENIS AC

0
Penyejuk udara atau atau pengkondisi udara atau penyaman udara atau erkon atau AC (dalam bahasa inggris biasa disebut dengan Air Conditioner) sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).
Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi kuno dan Persia pada abad pertengahan. Pendingin modernd muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Nah, kali ini Surabaya Jaya Tehnik ingin berbagi informasi mengenai Macam-macam jenis AC yang ada di lapangan atau di indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi informasi awal bagi anda yang ingin membeli AC baru mengingat kondisi cuaca yang sudah memasuki musim kemarau. Berikut macam-macam jenis AC yang beredar di masyarakat:

1. Split Wall 

Ini adalah jenis AC yang paling umum digunakan dirumah, kantor maupun berbagai instansi di indonesia. Ini disebabkan oleh beberapa faktor dari mulai gampangnya perawatan dan support.
AC ini terbagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Indoor (lihat gambar) adalah bagian yang mengeluarkan hawa dingin dan outdoor adalah bagaian atau tempat dimana mesin berada. Acapkali outdoor ditempatkan diluar ruangan karena mengeluarkan hawa yang panas dan kadang kala suaranya yang berisik.

2. AC Window

AC Window adalah AC yang berbentuk kotak dan dalam pengoperasiannya tidak menggunakan remote. Karena tombol kontrol sudah terintegrasi dengan AC ini. AC ini hanya terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri dan tidak ada intilah indoor dan outdoor AC.

AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena dianggap sudah ketinggalan zaman dan karena tidak adanya unit outdoor yang membuat AC ini lebih praktis. Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 PK sampai 2.5 PK. 




3. AC Standding Floor

AC Standding Floor adalah AC yang unit Indoornya berdiri dan mudah dipindahkan. Karena kepraktisannya ini, AC ini sering digunakan dalam acara-acara seperti acara ulang tahun, perkawinan, hajatan dan acara lainnya.








4. AC Cassete

Jenis AC Cassete ini indoornya menempel di atas plafon. Jenis AC Cassete ada dalam beberapa ukuran PK mulai dari 1.5 PK sampai dengan 6 PK.

Cara pemasangan AC ini memerlukan keahlian khusus dan tenaga extra, tidak seperti memasang AC rumah atau AC Split, yang bisa dipasang sendirian.
5. AC Split Duct / Central
 

AC Split Duct merupakan AC yang pendistribusian hawa dinginnya menggunakan sistem Ducting. Ini artinya AC Split Duct tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik. Tipe AC seperti ini biasanya digunakan di mall atau gedung-gedung yang memiliki ruangan luas.

AC Split Duct tidak pernah terlepas dari sistem Ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar yang telah dikondisikan dari sumber dingin atau pun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain Ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang dan perawatan.

6. AC VRV

Nah ini dia AC tercanggih saat ini. AC VRV Daikin memiliki satu Outdoor dan beberapa unit Indoor dengan berbagai tipe seperti split wall, Cassete, Standding Floor, dll.
Daikin VRV telah digunakan lebih dari 25 tahun di seluruh dunia dan digunakan lebih dari 15 tahun di indonesia.

VRV: Variable Refrigerant Volume merupakan sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. VRV sistem adalah sebuah tehnologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan Computer Inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Central, AC Split atau pun AC Split Duct. Jadi dengan VRV sistem, 1 Outdoor bisa digunakan untuk lebih dari 2 Indoor AC serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang di inginkan secara tercomputerisasi.
Demikianlah Sedikit Penjelasan Dari SURABAYA JAYA TEHNIK Mengenai MACAM-MACAM JENIS AC Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda dan menambah sedikit wawasan anda mengenai Air Conditioner
 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Copyright © SERVICE AC SURABAYA

Sponsored By: Air Conditioner ServiceDesigned By: Surabaya Jaya Tehnik